Khatam Al-Quran, Inilah Keutamaan dan Manfaatnya yang Begitu Istimewa

Posted by kabar terkini on


khatam via jateng.merdeka.com


Mengkhatamkan Al-Quran memang merupakan suatu ibadah yang utama. Untuk mengkhatamkannya, maka kita harus rajin membaca Quran dan menyempatkannya di sela-sela kesibukan kita. Berikut manfaat khatam Al-Quran yang harus Anda ketahui.


Al-Quran merupakan mukjizat terbesar yang diberikan Allah kepada Nabi Muhammad SAW dan merupakan pegangan hidup umat Islam.

Di dalam Al-Quran terdapat petunjuk-petunjuk dan rahmat bagi semesta alam serta peringatan bagi orang-orang yang kafir terhadap ayat-ayatnya. Al-Quran juga merupakan obat sekaligus penenang hati bagi orang-orang yang beriman. Maka dari itu perbanyaklah membaca Al-Quran dan berpegang teguhlah kepada Al-Quran niscaya kita tidak akan tersesat selama-lamanya.

Baca Juga : Terbaru, Cara Membaca Alquran dengan Metode yang Tepat Dan Cepat

Keutamaan dan Manfaat Mengkhatamkan Al-Qur'an

ilustrasi khatam quran via qiroatipusat.or.id

Al-Quran adalah kalam Allah yang sangat mulia. Maka bagi siapa yang mau membacanya, niscaya Allah akan memberi kemuliaan kepada orang tersebut dengan beberapa keutamaan. Apalagi kalau orang tersebut bisa mengkahatamkannya dari awal (surat Al-Fatihah) hingga akhirnya (surat An-nas). Subhanallah! Berikut kelebihan dan keutamaanya.

Orang yang mengkhatam Al-Quran memiliki banyak keutamaan, terutama apabila dibaca setiap saat dan diamalkan dalam kehidupan sehari-hari. Keutamaan membaca Al-Quran diantaranya yaitu:

1. Membaca Al-Quran dan Mengkatamkannya merupakan amalan yang paling dicintai oleh Allah SWT 

Sebagaimana hadis Rasulullah SAW: Dari Ibnu Abbas radhiyallahu ‘Anhu, beliau mengatakan ada seseorang yang bertanya kepada Rasulullah SAW: “Wahai Rasulullah, amalan apakah yang paling dicintai Allah?” Beliau menjawab: “Al-hal wal murtahal.” Orang ini bertanya lagi, “Apa itu al-hal wal murtahal, wahai Rasulullah?” Beliau menjawab: “Yaitu yang membaca Al Quran dari awal hingga akhir. Setiap kali selesai ia mengulanginya lagi dari awal.” (HR. Tirmidzi)

2. Akan menjadi syafaat bagi pembacanya di hari kiamat

Dari Abu Amamah Radhiyallahu ‘Anhu, aku mendengar Rasulullah SAW bersabda: “Bacalah Al-Qur’an, karena sesungguhnya ia akan menjadi syafaat bagi para pembacanya di hari kiamat.” (HR. Muslim)

3. Mendapatkan predikat insan terbaik

Dari Usman bin Affan Radhiyallah ‘Anhu, Rasulullah SAW bersabda: “Sebaik-baik kalian adalah orang yang mempelajari al-Qur’an dan mengajarkannya.” (HR. Tirmidzi)

4. Mendapatkan pahala akan bersama malaikat di akhirat

Dari Aisyah Radhiyallahu ‘Anhu,  ia berkata  bahwa Rasulullah SAW bersabda: “Orang yang membaca Al-Qur’an dan ia mahir membacanya, maka kelak ia akan bersama para malaikat yang mulia lagi taat kepada Allah.” (HR. Bukhari  dan Muslim)

5. Akan Mendapatkan pahala yang berlipat ganda

Dari Abdullah bin Mas’ud Radiyallahu’Anhu, Rasulullah SAW bersabda: “Barangsiapa membaca satu huruf dari Kitab Allah, maka baginya satu kebaikan. Dan kebaikan itu dilipat gandakan dengan sepuluh kalinya. Aku tidak mengatakan Alif Lam Mim itu satu huruf, akan tetapi Alif itu satu huruf, Lam itu satu huruf, dan Mim itu satu huruf.” (HR. At-Turmidzi)

6. Akan Mendapatkan dua pahala bagi yang belum lancar

Dua pahala itu, yakni pahala membacanya dan pahala yang belum lancarnya dalam bacaanya

“Dan orang yang membaca Al-Qur’an, sedang ia masih terbata-bata lagi berat dalam membacanya, maka ia akan mendapatkan dua pahala.” (HR. Bukhari Muslim)

7. Akan diangkat derajatnya oleh Allah

Dari Umar bin Khatab Radhiyallahu ‘Anhu,  Rasulullah SAW bersabda: “Sesungguhnya Allah SWT akan mengangkat derajat suatu kaum dengan kitab ini (Al-Qur’an),  dengannya pula Allah akan merendahkan kaum yang lain.” (HR. Muslim)

8. Akan mendapatkan ketenteraman dan rahmat disisi Allah SWT

Dari Abu Hurairah Radhiyallahu Anhu,  Rasulullah SAW bersabda: “Tidaklah suatu kaum berkumpul di salah satu rumah-rumah Allah untuk melantunkan ayat-ayat suci Al-Qur’an dan mempelajarinya, melainkan akan turun kepada mereka ketengangan, akan dilingkupi pada diri mereka dengan rahmat, akan dilingkari oleh para malaikat, dan Allah pun akan menyebut (memuji) mereka di hadapan makhluk yang ada di dekat-Nya.” (HR. Muslim)

Waktu sebaiknya untuk Mengkhatamkan Al-Qur’an

ilustrasi khatam quran via suarajakarta.co

Sebagaimana disebutkan dalam hadis Rasulullah SAW :

Dari Abdullah bin Amru bin Ash, beliau berkata, “Wahai Rasulullah, berapa lama aku sebaiknya membaca Al Quran?” Beliau menjawab, “Khatamkanlah dalam satu bulan.” Aku berkata lagi, “Sungguh aku mampu lebih dari itu, ya Rasulullah?” Beliau menjawab, “Khatamkanlah dalam dua puluh hari.” Aku berkata lagi, “Aku masih mampu lebih dari itu, ya Rasulullah.” Beliau menjawab, “Khatamkanlah dalam lima belas hari.” “Aku masih lebih mampu lebih dari itu, ya Rasulullah.” Beliau menjawab, “Khatamkanlah dalam sepuluh hari.” Aku menjawab, “Aku masih lebih mampu lagi, ya Rasulullah.” Beliau menjawab, “Khatamkanlah dalam lima hari.” Aku menjawab, “Aku masih lebih mampu lagi, ya Rasulullah.” Namun beliau tidak memberikan izin bagiku.” (HR. Tirmidzi).

Dari hadis tersebut, Rasulullah SAW menganjurkan kita mengkhatam Al-Quran minimal sebulan sekali atau kalau kita mampu sebulan 2 kali khatam. Tidak boleh mengkhatam Al-Quran kurang dari tiga hari. Karena orang yang khatam dalam tempo kurang dari 3 hari, ia tidak dapat menghayati kandungan isi Al-Quran tersebut, makanya Rasulullah SAW melarangnya. Rasulullah SAW menganjurkan kepada kita untuk tidak terburu-buru dalam membaca Al-Quran, supaya kita dapat  memahami kandungan isinya.

Baca Juga : MasyaAllah, Ini Beberapa Murottal Al Quran Paling Merdu yang Bikin Hati Tenang

Demikian penjelasan mengenai keutamaan dan manfaat dari khatam Al-Quran. Semoga penjelasan di atas bermanfaat dan memotivasi Anda dalam mengkatamkan Al-Quran.

Previous
« Prev Post

No comments:

Post a Comment