Cara Mengobati Keputihan Secara Alami

Posted by kabar terkini on


cara mengobati keputihan via lifestyle.kompas.com

Resah dengan keputihan Anda? Keputihan adalah hal biasa yang dialami oleh semua kaum wanita. Banyak wanita yang bingung bagaimana cara mengatasi keputihan yang tepat. 

Sebab, meski sebenarnya sebagian besar keputihan adalah hal yang normal, mengalami keputihan berlebihan, gatal, dan berbau memang nggak enak dan bikin risih. 

Tidak perlu terburu-buru memakai obat kimia, ada cara mengobati keputihan secara alami. Berikut ini cara mengobati keputihan pada wanita dengan alami.

Cara mengobati keputihan  secara alami sangat banyak ingin diketahui oleh masyarakat saat ini. Keputihan seperti diketahui adalah salah satu permasalahan organ reproduksi wanita yang banyak dialami oleh para wanita.

Keadaan keputihan ini pastinya mengganggu dan tidak baik jika merupakan gejala dari suatu penyakit. Keputihan memang ada yang digolongkan normal dan sehat, namun ada juga keputihan yang tidak sehat, yang harus diobati dengan segera.

Pengobatan terhadap keputihan ini dapat dilakukan dalam berbagai cara. Mulai dari dengan melakukan pengobatan kepada dokter dan mengonsumsi obat-obatan untuk mengatasi keputihan, hingga kepada cara cara mengobati keputihan alami .

Bahan-bahan alami sebagai cara mengobati keputihan tentunya menarik untuk diketahui oleh para wanita. Pengobatan dengan bahan alami bersifat fleksibel.

Pengobatan ini bahkan ada dapat siapkan sendiri tanpa biaya yang mahal seperti dengan melakukan perawatan kepada dokter. Anda tentu penasaran apa saja cara mengobati keputihan secara alami yang dapat anda lakukan.

Namun, sebelumnya anda perlu mengetahui perbedaan antara keputihan yang normal dan keputihan yang tidak sehat. Pada bagian selanjutnya akan dijelaskan mengenai ciri-ciri keputihan yang harus diwaspadai.

Baca Juga : Kenapa Bisa Terjadi Keputihan Pada Wanita? Berikut Penjelasan Lengkapnya

Perbedaan Ciri-ciri Keputihan yang Sehat dan Tidak Sehat

Sesuai dengan yang dijelaskan sebelumnya, keputihan yang tidak sehat harus segera diobati. Lalu bagaimana dapat mengetahui apakah keputihan yang anda alami sehat atau tidak sehat.

Berikut ini perbedaan ciri-ciri keputihan yang sehat dan tidak sehat.

Keputihan yang tidak normal ditunjukkan dengan rasa nyeri yang muncul di bagian perut bawah.

Selain itu, keputihan yang tidak sehat pun ditunjukkan dengan rasa gatal yang muncul di sekitar vagina.

Keputihan yang sehat teksturnya seperti gumpalan. Berwarna kekuningan setelah menempel pada pakaian dalam.

Sedangkan keputihan yang tidak sehat teksturnya tipis dan basah. Terlihat seperti lendir dan tidak mudah hilang

Namun, ada juga keputihan yang teksturnya tipis. Terutama keputihan yang disebabkan oleh penggunaan kontrasepsi.

Cara Mengobati Keputihan secara Alami

Setelah mengetahui informasi mengenai perbedaan ciri-ciri keputihan yang sehat dan tidak sehat, maka berikut ini perlu diketahui beberapa cara mengobati keputihan yang dapat anda coba.

Cara mengobati keputihan secara alami ini sangat mudah digunakan dan efektif juga hasilnya. Simaklah daftar berikut ini untuk mengobati keputihan yang anda alami.

1. Mengonsumsi Jahe Hangat

jahe hangat via berkabar.id

Jahe merupakan salah satu jenis rempah yang banyak digunakan dalam pengolahan makanan dan minuman. Ternyata kebiasaan meminum jahe hangat merupakan salah satu cara yang dpaat dilakukan untuk mengobati keputihan.

Konsumsilah jahe hangat secara rutin, karena kandungan dalam jahe dapat mengusir bakteri jahat yang menyebabkan terjadinya keputihan tidak sehat. Bagi anda yang ingin mengolah sendiri jahe hangat anda dapat merebus kemudian menyaring air rebusannya.

Akan tetapi, bagi anda yang ingin langsung membeli jadi pun sudah banyak di jual di kedai-kedai penjual jahe hangat dan sejenisnya.

2. Menggunakan Biji Fenugreek

biji fenugreek via thespicehouse.com

Salah satu cara mengobati keputihan secara alami dapat dilakukan dengan mengonsumsi biji fenugreek. Biji fenugreek diketahui memiliki kandungan yang baik untuk menjaga pH vagina dalam batas yang normal.

Ketika pH ada dalam batas yang normal, maka perkembangan bakteri penyebab keputihan tidak sehat pun dapat dicegah.

Selain itu, konsumsi dari biji fenugreek pun diketahui dpaat menyeimbangkan hormon estrogen dalam tubuh wanita. Keadaan yang mengganggu seperti keputihan pun dapat dicegah perkembangannya.

3. Mengonsumsi Jus Delima dan Madu

jus delima via sbelen.wordpress.com

Jus delima juga banyak digunakan manfaatnya sebagai cara mengobati keputihan . Cara yang satu ini cukup mudah dilakukan dan nikmat pula rasanya. Buah delima merupakan salah satu buah yang cita rasanya sangat nikmat.

Buah ini memiliki nutrisi yang penting untuk menjaga tubuh dari perkembangan bakteri yang merugikan, seperti bakteri yang menyebabkan keputihan.

Konsumsilah jus delima ini minimal satu gelas sehari. Untuk meningkatkan cita rasanya penggunaan madu pun dapat menjadi pilihan untuk anda.

4. Mengganti Pakaian Dalam secara Rutin

Penyebab keputihan yang paling populer adalah kebiasaan pakaian dalam yang tidak terjaga dengan bersih. Kebiasaan ini harus dihilangkan untuk dapat mengobati keputihan yang tidak sehat yang menimpa anda.

Cara menjaga kebersihan pakaian dalam anda salah satunya adalah dengan rutin mengganti pakaian dalam. Gantilah pakaian dalam anda secara rutin, minimal sebanyak 3 kali dalam satu hari.

Hal ini dilakukan untuk mencegah perkembangan bakteri akibat dari pakaian dalam yang kotor.

5. Tidak Menggunakan Produk Pembersih Vagina


pembersih vagina via etyabdoel.com

Satu cara mengobati keputihan yang anda alami adalah dengan tidak menggunakan produk pembersih vagina.

Walau terpublikasikan sebagai produk yang baik untuk membersihkan vagina karena mengandung daun sirih, ternyata bahan kimia dalam produk-produk ini berbahaya untuk membunuh bakteri baik yang dibutuhkan di rongga vagina.

Oleh karena itu, janganlah menggunakan produk pembersih vagina seperti itu. Gunakanlah pembersih vagina yang alami seperti yang akan dijelaskan di cara berikutnya.

6. Membiasakan Menjaga Kebersihan Vagina

Cara mengobati keputihan selanjutnya adalah dengan membiasakan diri untuk menjaga kebersihan vagina. Hal ini dapat dilakukan dengan tidak membiasakan tubuh menjadi pemalas dan jorok.

Jagalah kebersihan vagina dengan mandi secara rutin dan mengganti pakaian dalam secara rutin. Jika anda biasa hidup tidak bersih, maka sangat pasti anda akan sering mengalami masalah keputihan.

Anda pun tidak boleh memiliki rasa malas untuk mendapatkan tubuh yang sehat. Karena hanya kerajinan andalah yang dapat memastikan kesehatan anda dapat terjaga dengan baik.

7. Membiasakan Konsumsi Sayuran Hijau

Sayuran hijau juga diketahui merupakan cara mengobati keputihan. Sayur-sayuran hijau ini mencakup kubis, bayam, brokoli, dan asparagus.

Jika anda rajin mengonsumsi sayuran hijau ini, maka kandungan senyawa dalam sayuran ini dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mencegah bakteri yang menginfeksi rongga vagina dan menyebabkan keputihan. Oleh karena itu, konsumsilah sayuran hijau secara rutin.

8. Menggunakan Cuka Apel

cuka apel via hellosehat.com

Penggunaan cuka apel juga dapat dilakukan dengan cuka apel. Seperti diketahui cuka apel memiliki kandungan yang dapat menjaga normalitas dari pH vagina.

Jika pH vagina tidak dalam kondisi normal, maka hal inilah yang dapat menyebabkan terjadinya keputihan pada wanita. Manfaat cuka apel untuk keputihan ini dapat dirasakan dengan mengonsumsi cuka apel.

Bagaimana anda dapat mengonsumsinya? Campurkanlah cuka apel tersebut dengan air hangat dan tambahkan madu untuk memudahkan  konsumsi anda.

9. Mengonsumsi Pisang dalam Jumlah yang Banyak

pisang via hellosehat.com

Selanjutnya cara mengobati keputihan secara alami dapat dilakukan dengan mengonsumsi pisang. Pisang diketahui memiliki manfaat untuk menyeimbangkan hormon yang diperlukan oleh organ reproduksi untuk dapat berjalan dengan normal.

Hormon-hormon reproduksi ini jika berada dalam keadaan yang tidak stabil dapat menyebabkan keputihan pada organ reproduksi wanita.

Oleh karena itu pengobatan dengan mengonsumsi pisang secara rutin dapat anda lakukan. Konsumsilah pisang di setiap waktu makan anda untuk mengobati keputihan yang tidak sehat.

10. Minum Rebusan Air Daun Sirih

rebusan daun sirih via resepobatkeputihanuntukibuhamil.wordpress.com

Cara mengobati keputihan lain menggunakan daun sirih adalah dengan meminum air rebusan dari daun sirih. Anda tidak perlu khawatir dengan konsumsi dari air rebusan daun sirih ini.

Air rebusan daun sirih aman dan tidak berbahaya. Kandungan dalam air daun sirih yang dikonsumsi pun dapat mengangkat bakteri di rongga vagina ke jalur pembuangan.

Hal ini kemudian akan menghasilkan rongga vagina yang bersih dan tidak terganggu lagi oleh keputihan. Daun sirih merupakan cara yang paling ampuh untuk membasmi keputihan.

Demikianlah cara mengobati keputihan yang dapat anda coba manfaatnya. Semoga berhasil!

Jangan lupa ganti pembalut secara teratur saat datang bulan. Mencegah lebih baik daripada mengobati. Jagalah kebersihan daerah intim agar terhindar dari infeksi yang menyebabkan keputihan tidak normal.

Previous
« Prev Post

No comments:

Post a Comment