Waspada, Inilah Penyebab Asam Lambung Naik yang Banyak Dilanggar Orang

Posted by kabar terkini on


penyebab asam lambung via kata.co.id

Penyakit asam lambung atau Gastroesophageal Reflux Disease (GERD) adalah kondisi yang ditandai dengan nyeri pada ulu hati atau sensasi terbakar di dada akibat naiknya asam lambung menuju esofagus. Esofagus yang juga dikenal sebagai kerongkongan adalah bagian dari saluran pencernaan yang menghubungkan mulut dan lambung.

Penyebab asam lambung atau GERD pada umumnya disebabkan oleh tidak berfungsinya lower esophageal sphinchter (LES). LES adalah lingkaran otot pada bagian bawah dari esofagus. LES berfungsi sebagai pintu otomatis yang akan terbuka ketika makanan atau minuman turun ke lambung. Setelah makanan masuk, LES akan menutup untuk mencegah asam dan makanan yang ada di lambung agar tidak naik kembali ke esofagus.

Penyakit asam lambung merupakan masalah kesehatan yang cukup umum terjadi di masyarakat. Sakit asam lambung akibat GERD bersifat kronis dan biasanya terjadi setidaknya lebih dari dua kali per minggu dan bisa kambuh sewaktu-waktu

Kenali penyakit asam lambung termasuk gejala, penyebab dan cara mengatasi asam lambung naik di kemudian hari.

Apa gejala yang dirasakan saat asam lambung naik? 


ilustrasi gejala asam lambung naik via rilitas.com

Anda bisa mengetahui kalau mengalami penyakit asam lambung naik bila mengalami beberapa gejala berikut:
  • Mual
  • Muntah
  • Cegukan
  • Suara serak
  • Mengi; batuk
  • Perut kembung
  • Mulut terasa asam
  • Kesulitan menelan
  • Batuk atau bengek
  • Sakit tenggorokan (terasa perih)
  • Makanan terasa naik dan mengganjal kerongkongan
  • Asam pada bagian belakang mulut
  • Nyeri dada, terutama saat berbaring di malam hari

Waspadai 13 penyebab asam lambung naik yang berawal dari kebiasaan yang tidak Anda sadari

ilustrasi asam lambung via satujam.com

Asam lambung sangat penting untuk tubuh dan asam lambung bukan penyakit. Penyebab asam lambung yang terlalu tinggi atau rendah adalah penyakit yang mengakibatkan gangguan asam lambung.
  1. Orang yang mengalami kekurangan vitamin dan mineral rentan terhadap gangguan asam lambung. Vitamin dan mineral penting untuk menjaga keseimbangan asam lambung sehingga tubuh menjadi nyaman.
  2. Orang yang sedang diet ketat rentan untuk mengalami gangguan asam lambung. Diet yang tidak memperhatikan keseimbangan nutrisi untuk tubuh akan membuat produksi asam lambung terganggu. Orang yang sedang diet umumnya memiliki asam lambung yang terlalu tinggi.
  3. Konsumsi makanan yang terlalu pedas bisa memicu naiknya asam lambung dan menyebabkan nyeri pada lambung. Makanan pedas akan meningkatkan asam lambung namun jumlah tersebut tidak memiliki manfaat yang baik karena akan membuat penderita merasa sakit perut dan gangguan pencernaan lain.
  4. Kurangnya penyerapan nutrisi pada lambung. Hal ini disebabkan karena asupan yang kurang mengandung hipoklorida sehingga lambung tidak bisa memproduksi asam lambung.
  5. Gangguan emosi seperti stres. Stres menjadi salah satu penyebab naiknya produksi asam lambung yang sering menjadi penyakit maag atau gangguan lambung.
  6. Kebiasaan mengkonsumsi alkohol yang berlebihan. Alkohol memiliki efek yang sangat buruk untuk lambung karena bisa menghentikan sistem kerja sel dalam lambung yang menghasilkan asam lambung.
  7. Infeksi bakteri (helicobacter pylori) yang menyebabkan tubuh tidak dapat menghasilkan asam lambung. Bakteri ini bisa masuk ke tubuh manusia dari makanan atau minuman yang kurang bersih.
  8. Orang lanjut usia lebih rentan terhadap gangguan asam lambung karena sistem tubuh mereka tidak bisa memproduksi asam lambung yang seimbang, karena itu mereka lebih rentan kembung atau diare.
  9. Konsumsi makanan yang mengandung serat berlebihan. Serat dapat menyebabkan organ pencernaan membutuhkan waktu khusus untuk mencerna makanan dan hal ini akan membuat produksi asam lambung terus meningkat.
  10. Kanker yang menyerang pada lambung. Jenis kanker yang menyerang lambung juga dapat menyebabkan produksi asam lambung yang berlebihan.
  11. Waktu makan yang tidak teratur. Orang yang makan secara tidak teratur dapat menyebabkan gangguan sistem pada pencernaan. Hal ini dapat terjadi karena jarak waktu kerja sistem pencernaan yang terlalu jauh sehingga menyebabkan kenaikan asam lambung.
  12. Orang yang istirahat secara tidak teratur atau sering kurang tidur memiliki potensi yang bersat untuk memproduksi asam lambung yang berlebihan.
  13. Konsumsi kafein yang berlebihan. Kafein yang berasal dari kopi bisa meningkatkan asam lambung karena memicu produksi asam lambung yang berlebihan.

Penyebab asam lambung bisa disebabkan oleh berbagai kondisi seperti kebiasaan makan tidak teratur, diet yang buruk, kadar asam alami yang sangat tinggi, riwayat keluarga dan beberapa penyakit termasuk imunitas.

Asam Lambung, Ragam Jenis Pengobatan Secara Medis Atau Herbal, Semua Tergantung dari Stadiumnya



ilustrasi mengatasi asam lambung via kumparan.com

Kebanyakan penyebab asam lambung, ditengarai karena gaya hidup. Perubahan gaya hidup bahkan mengurangi ketegangan dan stres bisa dijadikan acuan untuk menyembuhkan penyakit asam lambung yang terjadi.

Berikut ini adalah hal sederhana namun efektif untuk mengatasi kondisi asam lambung
  1. Tidur 8 jam sehari di waktu malam
  2. Mengurangi konsumsi makanan pedas
  3. Menghentikan atau menghindari minuman beralkohol, juga kebiasaan merokok
  4. Jenis minuman dengan kandungan kafein, seperti teh, kopi juga minuman jenis cola yang berkarbonasi
  5. Mengatur pola makan, sebaiknya 3 kali sehari dengan porsi cukup dan berimbang serta waktu yang teratur
  6. Menjauhi penyebab stress


Bila sudah terlanjur terkena, dan memasuki intentsitas yang parah. Biasanya penderita sangat disarankan untuk menemui dokter. Selanjutnya dokter akan memberikan resep obat-obatan yang berfungsi untuk menurunkan asam lambung yang tinggi. Berikut ini adalah jenisnya;

ilustasi obat asam lambung via obatherbalterpercaya.com

1. Antagonis Reseptor H2

Jenis obat ini diresepkan dengan maksud untuk menghambat kerja histamin. Histamin ditengarai sebagai satu senyawa di dalam tubuh yang berfungsi untuk mengeluarkan asam lambung.

2. Obat Penghambat Pompa Proton

Asam lambung dikenal juga dengan rumusan HCl, konsentrasi ion (H+) dalam tubuh dalam jumlah tinggi berbanding lurus dengan meningkatnya asam lambung dalam tubuh seseorang. Oleh karenanya dokter akan meresepkan obat dari jenis penghambat pompa proton tubuh dengan maksud untuk menghambat tingginya ion tersebut.

3. Antibiotik

Beberapa penderita asam lambung ada yang disebabkan karena infeksi bakteri dari jenis helicobacter pylori. Guna mengatasinya dokter akan meresepkan jenis antibiotik yang biasanya berisi kombinasi dari 2 antibiotik.

4. Antasida

Untuk jenis obat-obatan ini adalah jenis yang paling banyak digunakan juga sering dipakai untuk menangani penyakit asam lambung dalam stadium rendah. Bentuknya seperti tablet kunyah yang berfungsi untuk menetralkan kadar asam di dalam lambung.

Selain dengan mengandalkan pengobatan medis. Secara turun temurun ada juga pengobatan dengan memanfaatkan herbal. Beberapa dipercaya memberikan efek terapeutik yang sangat baik untuk kesembuhan pasien tersebut. Berikut ini adalah daftar jenis tanaman obat untuk meredakan asam lambung.


ilustrasi mengatasi asam lambung via rumahtradisional.com


1. Buah Pisang

Sudah sejak lama, buah pisang raja dipergunakan nenek moyang masyarakat Indonesia sebagai MP ASI (Makanan Pendamping ASI). Teksturnya yang lembut, serta cenderung manis ketika sudah matang menjadikan buah yang satu ini sangat nikmat untuk dikonsumsi. Tetapi ternyata dibalik hal tersebut terdapat pula khasiat untuk mengatasi asam lambung karena mengandung anti luka pada lambung.

Untuk menjadikan buah pisang raja sebagai herbal guna mengobati penyakit ini ada caranya. Pertama buah pisang dipilih yang sudah tua tetapi cenderung belum terlalu matang. Pisang dipotong tipis-tipis seperti dalam pembuatan keripik.

Selanjutnya, jemur dan anginkan hingga kering. Pisang yang sudah kering lantas diblender sampai seperti bubuk, dan bisa dikonsumsi dengan mencampur 2 sendok bubuk pisang dengan madu asli. Waktu yang paling tepat untuk meminumnya adalah pada pagi dan malam hari.

2. Kacang Hijau

Jenis polong-polongan yaitu kacang hijau juga dipercaya bisa jadi alternatif herbal untuk atasi penyakit asam lambung. Selain bisa menebalkan lapisan lambung cara mengolahnya pun gampang. Cukup buat menjadi bubur kacang hijau sebagaimana biasanya, dengan tempo memasak yang tidak terlalu lama. Untuk mendapatkan efek maksimal, waktu yang paling pas adalah pagi dan sore hari untuk mengonsuminya.

3. Mentimun

Sayuran yang satu ini mudah dijumpai dan bisa dikonsumsi secara langsung. Untuk menjadikannya sebagai obat herbal untuk asam lambung pilih mentimun segar yang bebas dari bintik kuning apalagi kehitaman. Cukup dengan mengkonsumsi irisan mentimun setebal 1 cm dan dikonsumsi tiap 2 jam sekali, niscaya kelebihan asam lambung dapat teratasi.

Selain itu ada juga cara lain. Mentimun mentah dikupas dan dibuang bagian biji serta kulitnya. Ini untuk menjaga kesegaran dan kandung nutrisi dari mentimun tersebut. Selanjutnya bisa dicampurkan dengan bahan herbal lain yang juga dipercaya baik dan bisa memberikan efek positif untuk meredakan asam lambung seperti; yogurt, wortel, mint ataupun bawang putih mentah, setelahnya bisa dikonsumsi langsung.

Beberapa orang mungkin tidak terlalu suka dengan mentimun. Karena itu mungkin bisa dijadikan mentimun parut untuk dijadikan semacam saus pada salad atau roti. Ini untuk mencegah keasaman lambung  terus terjadi.

4. Kunyit

Studi pada tahun 1953 telah menunjukkan bahwa salah satu herbal yakni kunyit juga punya efek yang maksimal untuk mengobati asam lambung. Cara untuk menyiapkannya juga cukup sederhana, hanya dengan memarut kunyit berukuran sebesar 2 jari tangan yang telah dibersihkan tentunya, selanjutnya kemudian diperas dengan menggunakan kain bersih untuk kemudian didiamkan lalu diambil airnya. Meminum ramuan ini sebanyak 2 kali pada pagi sebelum makan dan malam menjelang tidur dipercaya menyembuhkan asam lambung.

Demikian isi artikel penyebab asam lambung, gejala, dan cara mengatasinya. Semoga bermanfaat bagi para pembaca.

Previous
« Prev Post

No comments:

Post a Comment