Penyebab Bau Mulut yang Bikin Kita Malu Saat Bergaul

Posted by kabar terkini on


penyebab bau mulut via cahayaislam.id

Bau mulut bisa disebabkan oleh beberapa faktor. Kebanyakan orang hanya tahu penyebab aroma napas tidak segar karena malas gosok gigi, makan makanan berbau menyengat, timbunan plak atau gigi berlubang. Mungkin tidak banyak orang yang tahu bahwa bau mulut juga bisa timbul akibat konsumsi obat-obatan hingga cara menggosok gigi yang salah.

Bau mulut kelihatannya adalah kondisi yang tak begitu serius bagi kita, tapi orang lainlah yang akan dapat mencium aromanya sehingga timbul ketidaknyamanan dalam bersosialisasi.

Seseorang dengan masalah bau mulut biasanya otomatis akan dijauhi karena orang lain tak akan merasa enak berbicara dengan orang yang napasnya bau.

Penyebab bau mulut akut bisa sangat beragam, meski terbilang wajar tapi keadaan yang memiliki istilah halitosis ini tak bisa didiamkan karena bisa menjadi kronis.

Tina Giannacopoulos, dokter gigi dari Boston Dental mengungkapkan lima faktor tak terduga penyebab bau mulut yang belum tentu semua orang tahu. Apa saja?

1. Konsumsi Obat-obatan


obat-obatan via hellosehat.com

Beberapa jenis obat-obatan untuk mengobati hipertensi, antidepresan dan antihistamin menimbulkan efek samping xerostomia atau mulut kering.

Mulut yang kering bisa memicu bau mulut karena kurangnya saliva atau air liur yang berfungsi membersihkan mulut dari partikel makanan yang tertinggal di sela-sela gigi.

Selain itu saliva juga menjaga area mulut tetap lembap, menetralisir asam dan membersihkan tumpukan sel-sel mati di dalam mulut. Jika kekurangan saliva, partikel makanan, sel mati dan bakteri bisa menumpuk dan membusuk di dalam mulut, mengakibatkan bau tak sedap.

Jika Anda sedang mengonsumsi obat, disarankan memperbanyak air putih atau mengunyah permen karet yang mengandung xylitol untuk membantu menambah kelembapan di dalam mulut.

2. Perut Kosong

perut kosong via okezone.com

Perut yang tak terisi makanan dalam waktu lama bisa meningkatkan asam lambung, membuatnya naik ke atas dan menyebabkan bau mulut.

Selain itu kurang makan juga membuat produksi saliva berkurang. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, mulut yang kering juga jadi salah satu penyebab bau mulut yang utama.

3. Infeksi Mulut

ilustrasi infeksi mulut via bhataramedia.com

Infeksi mulut terjadi karena banyaknya bakteri jahat di dalam mulut. Ketika bakteri-bakteri ini terurai, mulut akan melepaskan zat sulfur yang juga membuat mulut berbau tak sedap.

Kondisi ini biasanya disebabkan oleh infeksi yang dinamakan pericoronitis, yakni peradangan jaringan lembut di sekitar gigi. Jika ini terjadi pada mulut Anda, maka sudah saatnya lebih menjaga kebersiha gigi dan rutin periksa ke dokter.

4. Cara Gosok Gigi yang Salah

cara gosok gigi via bisikansehat.com

Kebanyakan orang menggosok dan flossing gigi dengan cara yang kurang tepat, sehingga menyebabkan sisa-sisa makanan menumpuk di sela-sela gigi.

Partikel makanan yang menumpuk tersebut bisa mempercepat pertumbuhan bakteri yang menyebabkan radang, dan timbullah bau mulut.

"Peganglah gagang sikat gigi secara horizontal dan miringkan hingga 45 derajat. Gerakkan sikat gigi, juga secara horizontal dengan sedikit tekanan," saran Tina, seperti dikutip dari Women's Health. Sikat gigi dua kali sehari, masing-masing selama dua menit.

Jangan lupa lengkapi ritual membersihkan gigi Anda dengan flossing. Gerakkan floss secara lembut dan perlahan, tapi menyeluruh. Benang gigi harus diselipkan di bawah gusi dan 'memeluk' setiap gigi.

"Gosok gigi saja tidak bisa membersihkan seluruh bagian gigi, jadi flossing juga diharuskan," kata Tina.

5. Tidak Menyikat Lidah


menyikat lidah via hellosehat.com

Tidak hanya gigi dan gusi yang perlu dibersihkan, tapi juga lidah. Bakteri berada di semua bagian mulut, terutama lidah Anda. Jika tidak dibersihkan secara rutin, bakteri bisa menumpuk di bagian belakang lidah dan menyebabkan napas tak sedap.

Anda bisa membersihkan lidah dengan cara menyikatnya menggunakan sikat gigi, atau menggunakan alat khusus pembersih lidah di apotek atau pasar swalayan.

Penyebab Bau Mulut dari Kondisi Kesehatan

Bau mulut tidak hanya disebabkan oleh masalah kesehatan gigi, gusi, dan makanan yang berbau menyengat. Beberapa kondisi kesehatan lain yang juga bisa menjadi penyebabnya bau mulut di antaranya:
  • Xerostomia, yaitu mulut kering yang terjadi karena gangguan produksi air liur akibat bakteri menumpuk di rongga mulut.
  • Gangguan saluran pencernaan, seperti infeksi bakteri H.pylori yang menyebabkan sakit maag dan penyakit asam lambung (GERD).
  • Sinusitis yang menghasilkan post nasal drip atau aliran cairan kental dari rongga sinus ke tenggorokan.
  • Pengaruh kondisi lain, seperti diabetes, gangguan hati, atau infeksi saluran pernapasan.

Selain beberapa kondisi kesehatan di atas, bau mulut juga bisa disebabkan oleh kebiasaan merokok, kurangnya kebersihan mulut, makanan atau minuman tertentu, dan diet yang berlebihan sehingga menyebabkan kekurangan karbohidrat.

Perhatikan juga apa yang Anda makan. Hindari makanan seperti bawang bombai dan bawang putih yang memiliki bau yang cukup menyengat. Pilihlah camilan yang lebih sehat, seperti apel atau wortel mentah, karena kandungan air di dalamnya dapat membantu membersihkan mulut.

Mengonsumsi makanan yang sehat dan makan teratur juga bisa membantu mencegah bau mulut. Selain itu, Anda bisa menggunakan cairan kumur penghilang bau mulut. Namun, biasanya efek cairan ini hanya sementara.

Untuk mengetahui penyebab bau mulut yang Anda alami dan cara menghilangkan bau mulut sesuai dengan penyebab tersebut, konsultasikan langsung ke dokter agar dilakukan pemeriksaan lebih lanjut.

Previous
« Prev Post

No comments:

Post a Comment