Jika Ada Anjing Melolong Saat Adzan Bacalah Doa ini Untuk Minta Perlindungan Allah

Posted by kabar terkini on


Sumber gambar https://www.youtube.com/watch?v=7N-ZQj5WLQg

Terkadang kita tidak terlalu memperhatikan atau menganggap sepele jika kita mendengar lolongan anjing

Tapi ketahuilah itu bisa menjadi pertanda banyak setan jin yang berlarian, maka berdoalah memohon perlindungan allah.

Beberapa waktu lalu ketika disebuah masjid, terdengar anjing disekitar masjid menggonggong dan melolong ketika adzan dikumandangkan.

Awalnya disangka karena suara adzan subuh yang mungkin membuat sang anjing terbangun dan terkaget. Namun menurut penuturan bilal bahwa hampir setiap adzan dikumandangkan dan anjing disekitar masjid pun mengonggong.

Diketahui bahwa anjing adalah termasuk hewan yang sensitif, memiliki penglihatan lebih tajam.

Sama seperti halnya kucing, anjing termasuk hewan yang mampu berjalan dikegelapan walaupun tanpa ada sinar atau cahaya.

Tidak heran jika anjing dipercaya sebagai hewan yang dapat melihat mahluk halus seperti Jin. Dan ketika melihat mahluk halus tersebut, si anjing akan berprilaku mengongong atau melolong.

Dalam banyak hadits disebutkan bahwa setan lari terbirit-birit sambil terkentut-kentut menjauh ketika mendengar suara adzan dan iqomat.

Dan setelah tidak terdengar, syetan kembali lagi untuk menggoda manusia yang shalat agar lupa berapa raka’at ia shalat.

Jika ini terjadi maka kepada kita diperintahkan untuk sujud sahwi dengan dua kali sujud dari posisi duduk.

Hal ini disebutkan dalam Shahih Bukhari, Shahih Muslim, Sunan An Nasa’i, Sunan Ad Darimi, Musnad Ahmad dan Almuwatta Malik. Salah satu hadits tersebut sebgai berikut :

قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِذَا نُودِيَ لِلصَّلَاةِ أَدْبَرَ الشَّيْطَانُ لَهُ ضُرَاطٌ فَإِذَا قُضِيَ التَّثْوِيبُ أَقْبَلَ حَتَّى يَخْطُرَ بَيْنَ الْمَرْءِ وَقَلْبِهِ حَتَّى لَا يَدْرِيَ كَمْ صَلَّى فَإِذَا رَأَى أَحَدُكُمْ ذَلِكَ فَلْيَسْجُدْ سَجْدَتَيْنِ 

Rasulullah Shalallah 'Alaihi Wa Sallam bersabda:
"Bila shalat sudah diserukan, maka setan lari dengan terkentut-kentut. Jika iqamah telah usai, maka setan datang lagi untuk menggoda hati seseorang sehingga tidak tahu jumlah rakaat shalatnya! Jika salah seorang dari kalian mengalami hal tersebut, maka sujudlah dua kali." (Sunan Nasa'i 1236)

Sumber gambar via KabarMakkah.Com

Dan dalam hadits lain disebutkan bahwa Syetan adalah dari jenis jin.

فَقَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِنِّي لَأَنْظُرُ إِلَى شَيَاطِينِ الْإِنْسِ وَالْجِنِّ قَدْ فَرُّوا مِنْ عُمَرَ  

Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda:
 "Sesungguhnya aku telah melihat syetan dari jenis jin dan manusia telah lari dari Umar." Sunan Tirmidzi 3624 dan dalam hadits lain juga disebutkan bahwa anjing dapat melihat apa yang tidak dapt kita lihat. Rasulullah bersabda :"Jika kalian mendengar gonggongan anjing dan ringkikan keledai pada malam hari, berlindunglah kepada Allah karena hewan tersebut bisa melihat apa yang tidak kalian lihat,... (musnad Ahmad 13765)

dan dalam hadits lain juga disebutkan bahwa anjing dapat melihat apa yang tidak dapt kita lihat. Rasulullah bersabda :

"Jika kalian mendengar gonggongan anjing dan ringkikan keledai pada malam hari, berlindunglah kepada Allah karena hewan tersebut bisa melihat apa yang tidak kalian lihat,... (musnad Ahmad 13765) 

Syaikh Al-Mubarakfuri rahimahullah menjelaskan,

أي اعتصموا به منه بأن يقولأحدكم أعوذ بالله من الشيطان الرجيم  أو نحو ذلك من صيغ التعوذ فإنه أي الحمار رأى شيطانا

“Berlindunglah kepada Allah, misalnya dengan mengucapkan “A’udzu billahi minas syaithanir raajim” atau yang lainnya dari lafadz ta’awwudz. Karena keledai tersebut melihat syaitan”[2]

Berkata qadhi ‘Iyadh rahimahullah,

قال عياض وفائدة الأمر بالتعوذ لما يخشى من شر الشيطان وشر وسوسته فيلجأ إلى الله في دفع ذلك

“Faidah dari perintah agar ber-ta’awwudz karena dikhawatirkan kejelakan/kejahatan dari syaitan dan was-was, maka segeralah berlindung kepada Allah untuk mencegah hal tersebut.”[3]

Dari uraian diatas dapat dinyatakan bahwa anjing melolong ataupun menggonggong karena melihat syetan dari bangsa jin yang lari terbirit-birit dengan terkentut-kentut menjauhi masjid karena mendengar suara adzan.

Semoga jawaban ini dapat mengusir rasa penasaran kita tentang prilaku anjing yang melolong ataupun menggonggong ketika mendengar adzan dan iqomat. Wallahu a’lam bishawab..

Previous
« Prev Post

No comments:

Post a Comment